Produksi Dengan Formula Produk Persentase Pada Software Pabrik

Produksi Dengan Formula Produk Persentase Pada Software Pabrik

Produksi Dengan Formula Produk Persentase Pada Software Pabrik, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Sekarang Formula Produk dapat berupa Persentase (%) dari Kuantitas Produksi. Untuk mengatur Formula Produk dapat dengan klik menu Produksi > Produk. Untuk menentukan Formula Produk berupa Satuan atau Persentase dapat dilakukan pada bagian Formula di kolom Satuan. Untuk Formula Produk yang berupa Persentase, angka Persentase dapat diisi pada kolom Kuantitas. Apabila entri Produk telah selesai, klik tombol Simpan untuk menympan data Produk berikut Formula nya.

produkpersen1

2. Sebelum dilakukan entri Produksi, pastikan dulu Stok Bahan Baku yang terkait dengan Produk yang akan diproduksi cukup. Untuk Laporan Bahan Baku dapat dilihat dengan klik menu Laporan > Gudang > Laporan Stok.

produkpersen2

3. Entri Produksi dapat dilakukan dengan klik menu Produksi > Produksi. Tentukan Produk yang akan diproduksi, juga Mesin Produksi yang akan digunakan, setelah itu masukan Kuantitas Produk yang akan di Produksi. Pada Tutorial ini berdasrkan Formula Persentase Produk, maka Produksi Produk 02 sejumlah 200 Kg akan menggunakan Bahan Baku 001 sejumlah 200 x 20% = 40 Kg, Bahan Baku 002 sejumlah 200 x 50% = 100 Kg, dan Bahan Baku 003 sejumlah 200 x 30% = 60 Kg. Untuk satuan Bahan Baku yang digunakan saat produksi akan menggunakan satuan Produk yang diproduksi.

produkpersen3

4. Saat Data Produksi disimpan, maka Stok Bahan Baku otomatis akan dikurangi sesuai dengan Formula Produk dan Kuantitas Produksinya, untuk melihat Laporan Stok setelah Produksi dapat klik lagi menu Laporan > Gudang > Laporan Stok. Untuk melihat Jumlah Pengurangan Stok Bahan Baku apakah sesuai dengan Formula Produk dan Kuantiats Produksi nya, dapat klik menu Laporan > Gudang > Kartu Stok.

produkpersen5 produkpersen9

5. Untuk Software Pabrik ini terdapat Dua Opsi pada bagian Produksi nya, yaitu Opsi diperlukan QC atau tidak. Opsi diperlukan QC atau tidak dapat diatur dengan klik menu Setup > Options > Umum. Bedanya Produksi Dengan atau Tanpa QC adalah jika centang Opsi QC, maka Stok Produk akan bertambah apabila sudah entri Data QC berdasarkan Data Produksi yang telah dientri sebelumnya. Namun untuk Opsi Tidak Centang QC, maka diperlukan lagi entri Data QC, dan Stok Produk otomatis akan bertambah saat Simpan Data Produksi.

produkpersen6

6. Untuk melihat Stok Produk dapat klik menu Laporan > Produksi > Daftar Produk.

produkpersen7

7. Untuk melihat Jurnal dari Transaksi Produksi dapat klik menu Accounting > Jurnal Umum, pilih Trasnaksi Jurnal Otomatis dari Transaksi Produksi, lalu klik tombol Edit. Pada Jurnal berikut adalah Jurnal Produksi Tanpa QC, jadi terdapat Jurnal Debet Persediaan Produk.

produkpersen8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *