Tagihan Asuransi Pada Aplikasi Rumah Sakit

Tagihan Asuransi Pada Aplikasi Rumah Sakit

Tagihan Asuransi Pada Aplikasi Rumah Sakit, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Pertama Entri Transaksi Pendaftaran untuk Rawat Jalan dengan klik menu Rumah Sakit > Front Office > Pendaftaran. Tentukan Pasien dengan klik tombol bantu pada kolom Pasien, maka Daftar Pasien akan ditampilkan. Pada Daftar Pasien dapat dilakukan Entri Data Pasien Baru dengan klik tombol Tambah.

tagihanrs1

2. Setelah Data Pasien dan Ruang telah ditentukan klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Pendaftaran.

tagihanrs2

3. Selanjutnya Entri Rawat Jalan dengan klik menu Rumah Sakit > Rawat Jalan. Entri Data Pasien dengan klik tombol bantu pada kolom No. Daftar, maka Daftar Pendaftaran akan ditampilkan.

tagihanrs3

4. Agar muncul Biaya pada Transaksi Rawat Jalan perlu Entri Obat/Barang dan Tindakan. Untuk Entri Obat/Barang klik bagian Obat/Barang, kemudianklik tombol bant O untuk menampikan Daftar Obat, dan tombol bantu B untuk menampilkan Daftar Barang.

tagihanrs4

5. Entri Tindakan dapat klik bagian Tindakan, lalu klik tombol bantu pada kolom Kode.

tagihanrs5

6. Berikutnya klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Rawat Jalan.

tagihanrs6

7. Kemudian Pembayarn Rawat Jalan dapat dientri dengan klik menu Rumah Sakit > Kasir. Tentukan Data Pasien terlebih dahulu dengan klik tombol bantu pada kolom Pasien.

tagihanrs7

8. Setelah Data Pasien telah ditentukan, maka Tagihan yang terkait dengan Pasien akan ditampilkan secara otomatis. Pembayaran dengan menggunakan Asuransi dapat klik tombol bantu pada kolom Asuransi, maka Daftar Asuransi Pasien akan ditampilkan.

tagihanrs8

9. Apabila sebelumnya tidak pernah mengentri Asuransi Pasien, dapat klik tombol Tambah, kemudian isi kolom yang tersedia.

tagihanrs9

10. Setelah Data Asuransi Pasien telah ditambahkan, selanjutnya Data Asuransi Pasien dapat dipilih.

tagihanrs10

11. Berikutnya masukan Nominal Pembayaran yang ditanggung oleh Asuransi, dan klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Kasir.

tagihanrs11

12. Data Perusahaan Asuransi dapat dientri dari menu Rumah Sakit > Front Office > Asuransi.

tagihanrs12

13. Selanjutnya baru membuat Tagihan Asuransi yang akan diberikan kepada perusahaan Asuransi untuk mengklaim pembayaran, dengan klik menu Keuangan > Tagihan. Tentukan Data Asuransi dengan klik tombol bantu pada kolom Asuransi, maka Daftar Asuransi akan ditampilkan.

tagihanrs13

14. Setelah menentukan Data Asuransi, maka tagihan yang terkait dengan Perusahaan Asuransi tersebut akan ditampilkan secara otomatis. Klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Tagihan.

tagihanrs14

15. Untuk mencetak Data Detail Tagihan dapat klik tombol Cetak.

tagihanrs15

16. Surat Pengantar Tagihan dapat dicetak dengan klik tombol Surat.

tagihanrs16

17. Pada Surat Pengantar Tagihan terdapat Informasi Bank untuk transfer pembayaran tagihan. Data bank dapat ditentukan dengan klik menu Keuangan > Bank. Edit Data Bank yang akan digunakan sebagai Tagihan, lalu centang opsi Tagihan.

tagihanrs17

18. Klik tombol Surat pada menu Tagihan, maka Data Bank yang ditampilkan sesuai dengan pilihan diatas.

tagihanrs18

19. Cetak Kuitansi Tagihan dapat klik tombol Kuitansi.

tagihanrs19

20. Pendapatan dari Pembayaran Tagihan Asuransi dapat dientri apda menu Keuangan > pendapatan Tunai, apabila pembayaran dilakukan secara tunai. Tentukan Data Asuransi dengan klik tombol bantu pada kolom Pasien, maka Daftar Pasien & Asuransi akan ditampilkan.

tagihanrs20

21. Kemudian tentukan No. Tagihan dengan klik tombol bantu pada kolom No. Tagihan, maka Daftar Piutang akan ditampilkan.

tagihanrs21

22. Klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Pendapatan Tunai, apabla semua Data telah dientri dengan benar.

tagihanrs22

23. Klik tombol Cetak untuk mencetak Bukti Pendapatan Tunai.

tagihanrs23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *