Entri Hutang Awal Pada Aplikasi Mini Market+

Entri Hutang Awal Pada Aplikasi Mini Market+

Entri Hutang Awal Pada Aplikasi Mini Market+, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Entri Data Supplier telebih dahulu menggunakan menu Pembelian > Supplier.

2. Kemudian Entri Hutang Awal Supplier dapat menggunakan menu Pembelian > Hutang Awal. Untuk netri Hutang Awal secara manual dapat klik tombol Tambah. Tentukan Data Supplier dengan klik tombol pada kolom Supplier, maka Daftar Supplier akan ditampilkan.

3. Hutang Awal dapat dientri secara keseluruhan, atau Per No. Tagihan. Entri Nominal Hutang Awal pada kolom Nominal, dan klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Hutang Awal.

4. Selain Entri secara manual, Hutang Awal Supplier dapat diimpor dari Excel. Siapkan File Excel yang berisi Hutang Awal Supplier dengan Format sbb.

5. Kemudian pada menu Hutang Awal, klik tombol Impor. Isi kolom dengan urutan kolom Data pada Excel, misal Data Kode Supplier pada Excel berada pada kolom C, maka pada kolom Supplier di Form Impor diisi angka 3. Isi semua kolom sesuai posisi Data di Excel, dan tentukan File Excel nya dengan klik tombol Browse. Kemudian klik Impor, dan tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan Impor Data Hutang Awal telah selesai!.

6. Berikut hasil Impor Data Hutang Awal dari Excel.

7. Hutang Awal yang telah dientri dapat dilihat pada menu Keuangan > Laporan > Laporan Hutang Jatuh Tempo.

8. Untuk pembayaran Hutang Awal Supplier, dapat menggunakan menu pada Keuangan > Pengeluaran. Misal Pengeluaran Transfer, klik tombol kolom Bank, untuk menampilkan Daftar Bank.

9. Kemudian tentuan Data Supplier dengan klik tombol pada kolom Supplier.

10. Berikutnya tentukan No. Bukti Pembelian, bisa dengan klik tombol pada kolom No. Pembelian untuk menampilkan Daftar Pembelian, atau ketik langsung No. Bukti yang diakhiri Enter. Daftar Pembelian menampilkan Daftar Pembelian Tempo dan Hutang Awal yang belum lunas.

11. Setelah semua Data telah diisi dengan benar, klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Pembayaran.

12. Klik tombol Cetak untuk mencetak Bukti Transaksi Pembayaran.

13. Histori Pembayaran Hutang Supplier dapat dilihat pada menu Keuangan > Laporan > Kartu Hutang.

14. Transaksi Entri Hutang Awal Supplier akan menghasilkan Jurnal Umum Otomatis, yang dapat dilihat pada menu Accounting > Jurnal Umum, lalu Edit Jurnal yang terkait.

15. Berikut adalah Jurnal Umum Otomatis dari Transaksi Pembayaran Hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *