Pembelian Barang Dengan Nomor Seri Pada Aplikasi Bengkel 2

RaRa SOFT Kotabumi …

Pembelian Barang Dengan Nomor Seri Pada Aplikasi Bengkel 2

 

Pembelian Barang Dengan Nomor Seri Pada Aplikasi Bengkel, dapat dilakukan dengan langkah sbb :
1. Tambahkan Data Barang terlebuh dahulu dengan klik menu Gudang > Barang. Isi kolom yang ada, dan pastikan Opsi No. Seri dicentang.

2. Entri Transaksi Pembelian dapat klik menu Pembelian > Pembelian. Data Supplier dapat ditentukan dengan klik tombol pada kolom Supplier, maka Daftar Supplier akan ditampilkan.

3. Entri Data Barang dengan ketik Kode Barang pada kolom Kode Barang, atau klik tombol pada kolom tersebut untuk menampilkan Daftar Barang.

4. Setelah semua Data Pembelian selesai dientri, klik tombol Simpan untuk menyimpan Transaksi Pembelian. Pada tahap ini Stok Barang yang dibeli belum bertambah, karena harus Entri Data Terima Barang dahulu.

5. Transaksi Pembelian dapat dicetak sebagai Bukti Pesanan ke Supplier dengan klik tombol Cetak.

6. Selanjutnya Entri Terima Barang dengan klik menu Gudang > Terima Barang. Klik tombol pada kolom No. Pembelian, untuk menampilkan Daftar Pembelian.

7. Setelah Data Pembelian ditentukan, maka Data Barang yang terkait akan ditampilkan secara otomatis. Apabila Kuantitas Barang yang diterima sudah sesuai, klik tombol Simpan. Pada tahap ini Stok Barang yang dibeli sudah bertambah.

8. Bukti Terima Barang dapat dicetak dengan klik tombol Cetak.

9. Karena Barang yang dibeli memiliki Nomor Seri, maka Nomor Seri Barang dapat dientri dengan klik menu Gudang > Setting Nomor. Pilih Data Terima Barang yang kolom Nomor bernilai 0, yang artinya Data Nomor Seri pada Terima Barang tersebut belum diisi. Klik tombol Set, kemudian masukan Nomor Seri Barang pada Tabel Serial Number. Setiap selesai mengentri Nomor Seri akhiri Enter. Setelah semua Nomor Seri telah dientri klik tombol Simpan.

10. Stok Barang berikut Nomor Serinya dapat dilihat dengan klik menu Gudang > Laporan > Laporan Stok Nomor.

11. Karena Pembayaran dari Transaksi Pembelian diatas adalah Tunai, maka akan berpengaruh pada Laporan Kas, yang dapat dilihat dengan klik menu Keuangan > Laporan > Laporan Kas.

12. Jurnal Otomatis dari Transaksi Pembelian dapat dilihat dengan klik menu Accounting > Jurnal Umum.

Demikian 12 cara Pembelian Barang dengan nomor seri pada aplikasi bengkel, somoga tutorial ini dapat membantu Anda menggunakan aplikasi bengkel dan dapat dengan mudah mengontrol stok barang yang menggunakan nomor seri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *